Apa itu Keyword? Seberapa pentingkah Keyword di mata mesin pencari? Selain konten yang berkualitas dan juga menarik di mata mesin telusur, maka berbicara tentang algoritma mesin pencari tentang kegunaan sebuah keyword untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencari adalah hal yang mutlak dan harus dipahami.
Dengan perumpamaan kita sedang tidak berbicara dengan seorang manusia yang dapat mengerti satu sama lain tentang apa yang sedang dicari atau dibutuhkan oleh lawan bicara. Robot mesin telusur atau dikenal dengan istilah Spider akan memahami sebuah keyword pada saat melakukan crawling atau perayapan pada sebuah halaman ke halaman lainnya yang telah di index oleh Google.
Proses crawling ini tidak hanya berlaku untuk sebuah website, namun seperti Youtube yang masih dalam naungan Google akan mengandalkan sebuah spider untuk menampilkan sebuah postingan dan juga video dengan keyword yang tepat dan sesuai niche. Untuk algoritma Instagram ataupun Facebook mungkin tidaklah serumit Youtube ataupun Google pada mesin telusur mereka, namun untuk sebuah keyword akan digantikan menggunakan hastag yang tidak kalah penting dalam sebuah postingan.
Dengan melakukan riset keyword maka kalian dapat mengoptimalkan agar postingan dan juga video dapat muncul di halaman awal dari hasil sebuah pencarian. Beberapa situs untuk melakukan riset keyword dapat kalian temukan dengan versi gratis, dan salah satunya melalui Keyword Tool. Disini kalian dapat melakukan riset keyword dan juga hastag yang sesuai dengan video atupun postingan kalian. Berikut adalah cara riset keyword melalui Keyword Tool.
- Langkah pertama kunjungi situs Keyword Tool. Di tampilan halaman beranda terdapat tombol navigasi yang dapat kalian atur.
- Navigasi awal untuk kalian pilih sesuai tujuan keyword yang akan diriset.
- Dan selanjutnya terdapat navigasi untuk memilih jenis postingan dan kolom kosong yang dapat kalian input sesuai keyword ataupun judul postingan kalian. Tool ini mendukung short tail keyword yang kurang dari dua kata kunci ataupun long tail keyword yang melebihi dua kata kunci.
- Kemudian navigasi untuk memilih bahasa dari keyword yang akan diriset dan digunakan kedalam postingan ataupun video.
- Untuk itu dapat kalian coba terapkan menggunakan short tail keyword untuk sebuah website atau blog. Jika telah menampilkan hasil riset keyword maka selanjutnya dapat kalian copy pada bilah kanan bawah untuk kemudian dapat kalian sisipkan pada meta keyword.
- Untuk menerapkan keyword ataupun tag pada video Youtube dapat kalian coba dengan menggunakan long tail keyword atau yang sesuai dengan konten video kalian. Dapat kalian copy setelahnya.
- Kemudian untuk Instagram juga tidak akan jauh berbeda, yang dapat disisipkan kedalam postingan melalui hastag yang sesuai dengan postingan kalian. Dan di situ pun akan menampilkan hasil dari traffic hastag yang sesuai dengan keyword yang selanjutnya dapat kalian copy.
Itulah cara riset keyword melalui tools gratis ini, dan Keyword Tool ini juga dapat kalian gunakan untuk hastag pada Twitter ataupun traffic pencarian pada Play Store yang akan sama halnya dengan ketiga media tersebut.
Tetapi jika kalian ingin mendapatkan hasil lebih rinci dalam melakukan riset keyword ini, maka kalian dapat memakai Ahrefs, Google Trends, ataupun Google Keyword Planner.