Download Video atau Audio YouTube, Instagram, Twitter, TikTok? Download disini !

Ubah Teks Menjadi Suara Multi Bahasa? Coba Kunjungi Situs Ini!

Text to Speech atau dikenal dengan istilah TTS adalah, sebuah sistem yang dapat memproduksi sinyal suara, dari sebuah teks yang sudah terenkripsi dari SSML (Speech Synthesis Markup Language).

Meskipun mirip, tetapi ini bukanlah sebuah bahasa HTML, melainkan basis dari sebuah XML.

TTS adalah sebuah kebalikan dari STT, atau dikenal dengan Speech to Text yang sering kalian temukan pada Alexa Amazon, ataupun Google Assisten pada saat menuliskan sesuatu dengan bantuan microphone, yang kemudian dikonversi menjadi teks.


text to speech

Jadi untuk kalian yang ingin mendapatkan audio untuk sebuah sematan dalam video maka dengan TTS ini akan sedikit memudahkan segalanya, entah itu dikarenakan kurang percaya diri untuk berspekulasi secara langsung dalam video ataupun alat yang kurang mendukung seperti micrhophone yang kurang begitu jernih saat menangkap suara atau terdapat noise setelah menghasilkan suara.

TTS ini menggunakan format Mp3, maka akan sangat bermanfaat dan sangat begitu bersahabat di era digital seperti sekarang ini, dan dengan banyaknya media yang dapat menampungnya, seperti aplikasi sosial media apapun untuk disematkan.

Untuk itu dengan berbagai pertimbangan, maka kalian cukup mengunjungi situs Freetts secara online, melalui smartphone kalian tanpa harus install aplikasi serupa.

Untuk mengkonversi melalui Freetts, berikut adalah langkah-langkanya.


  • Kunjungi situs Freetts, kemudian scroll down maka kalian akan menemukan kolom kosong untuk kalian paste atau isi sesuai dengan yang kalian inginkan untuk dikonversi menjadi suara. Untuk penambahan coding SSML seperti penundaan pengucapan dan lain sebagainnya terdapat di bagian bawah kolom kosong.
text to speech

  • Kemudian di bilah bawah dari kolom input teks terdapat kolom bahasa yang ingin dipergunakan. Freetts menyediakan 37 bahasa dari beberapa negara.
text to speech

  • Dan di kolom setelahnya terdapat kolom pilihan untuk karakter suara yang ingin dihasilkan dari yang telah kalian tentukan pada kolom bahasa.
text to speech

  • Jika semua kolom telah terisi maka tap bilah convert yang kemudian dapat kalian tap icon play pada bilah bawah untuk preview suara atau audio yang dihasilkan.
text to speech


  • Langkah terakhir yaitu cukup tap kolom download yang tersedia dan akan tersimpan dengan format Mp3.

text to speech


Contoh dari sebuah input teks yang telah disisipkan, maka akan menghasilkan suara seperti berikut.




Maka itulah cara membuat teks menjadi suara dengan menggunakan TTS, dan sebenernya dengan bantuan Google Translate kalian pun akan dapat mengkonversi sebuah teks manjadi suara, tetapi kekurangannya yaitu, hasil dari sebuah audio tersebut tidak akan dapat disimpan.

Untuk beberapa aplikasi TTS juga sudah sangat mudah untuk didapatkan, tetapi mungkin tidak memberikan banyak pilihan yang dapat kalian gunakan, seperti pilihan bahasa yang disediakan, ataupun karakter suara yang disediakan.

loker.kilaskerja.com | kilaskerja.com | rasapoetra.my.id

Posting Komentar

Tulis Komentar